Senin, 14 Maret 2016

Demam Berdarah - Kenali Gejala DBD Anak Dan Dewasa

Gejala Demam Berdarah
Gejala DBD : Demam berdarah sampai saat ini masih menjadi kekhawatiran dan merupakan salah satu penyakit berbahaya dikarenakan tak sedikit penderita yang berujung kematian . Penyebab penyakit dbd disebabkan oleh virus dengue gigitan nyamuk Aedes Aegipty . Ciri ciri nyamuk tersebut adalah memiliki kaki belang belang putih yang biasanya berkeliaran disiang hari untuk mencari mangsanya. Jadi harap waspada jika anda menemukan jenis nyamuk tersebut pada siang hari .

Jika seseorang sudah mengalami gigitan nyamuk maka akan mengalami tanda tanda terserang virus dengue, salah satu tanda penyakit penyakit DBD adalah demam tinggi pada 3 hari pertama, namun sebagian bahkan tidak merasakan demam.Untuk itu perlu diagnosa yang tepat untuk mengenali Gejala Demam Berdarah .

Berikut 7 Gejala Tanda Penyakit Demam Berdarah 

1. Demam Tinggi

Penderita yang terserang DBD anak atau dewasa akan mengalami demam tinggi mendadak yang berlangsung beberapa hari dengan suhu sampai 38º - 40º C. Walaupun akan menurun sebentar jika minum obat penurun panas , namun tetap demam akan kembali naik . Jika anda mengalami hal seperti ini, sebaiknya segera periksakan jangan tunggu demam berlanjut sampai berhari hari untuk mendapatkan perawatan dnegan segera.

2.Pendarahan Bintik Bintik Merah Pada Kulit

Bintik merah kehitaman pada kulit merupakan Tanda Penyakit Demam Berdarah yang sangat khas. Bintik merah gejala dbd adalah akan tetap terlihat walau kulit diregangkan .

3.Mimisan

Penderita penyakit dbd akan mengalami pendarahan pada hidung akibat penyakit tersebut mengganggu sel pembuluh darah.

4.Rasa Mual, Muntah Bahkan Diare

Biasanya rasa mual ini dapat diperparah apabila pasien mengkonsumsi obat penurun panas yang dapat merangsang lambung.Pada anak balita keadaan ini diperparah dengan muka seperti kemerahan dan juga disertai diare. Sedangkan pada dewasa jarang yang disertai dengan diare.

5.Sel Darah Putih Menurun

Turunya sel darah putih diakibatkan oleh banyak luka ketika pendarahan, pada kejadian tersebut sel darah putih semua akan berkumpul diarea luka untuk menutupi luka tersebut. Sehingga semakin banyak luka tubuh semakin rombosit berkurang untuk menjaga perlindungan tubuh dari virus .

6.Kehilangan Nafsu Makan

Bagi yang mengalami Gejala Demam Berdarah penderita juga akan kehilangan nafsu makan.

Untuk itu harap perhatikan jika anda atau keluarga ada yang mengalami tanda ciri ciri tersebut. Jangan sampai terlambat penanganan ! Jika tidak ingin menjadi korban selanjutnya dari bahaya wabah penyakit DBD.

Menurut dr Budi Haryanto, banyaknya kasus keterlambatan dalam penanganan pasien demam berdarah terjadi karena banyaknya masyarakat yang menganggap enteng demam. Setelah dua sampai tiga hari demam, baru dibawa kerumah sakit.

( Sumber : Gejala Demam Berdarah  http://health.detik.com/ )

Demam Berdarah - Kenali Gejala DBD Anak Dan Dewasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Go Herbal

0 komentar:

Posting Komentar